Waspadai Kasus Cacar Monyet, Tahu Dua Cara Penularan Keburukan Langka Ini

waspadai-kasus-cacar-monyet-ketahui-dua-cara-penularan-penyakit-langka-ini-1

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Peristiwa cacar monyet atau monkeypox yang banyak ditemukan di Afrika, telah ditemukan di Inggris. Kasus cacar cengkok di Inggris ini pertama kali dilaporkan pada tarikh 2018 silam dan minggu ini telah terkonfirmasi dua kasus baru di Wales.

Seperti yang kita terang, cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit langka dengan disebabkan oleh infeksi virus monkeypox . Kasus ini tergolong kurang terjadi dan ditemukan dalam Inggris, karena risiko penularannya yang cukup rendah.

“Kasus monkeypox dengan ditemukan di Inggris merupakan peristiwa langka yang efek penularan dan penyebarannya di antara masyarakat cukup rendah, ” kata Konsultan Richard Firth dalam Perlindungan Kesehatan pada Kesehatan Masyarakat Wales dikutip dari Express.

Penyakit cacar cengkok sendiri ditemukan pertama kala tahun 1958 di lab. Denmark, ketika penyakit tersebut diderita oleh sejumlah monyet yang digunakan sebagai target Penelitian.

Baca Juga: Sepertiga Pasien Meninggal sebab Varian Virus Corona India Walau Sudah Divaksin Covid-19

Secara kasat tanda, cacar monyet sendiri mendekati dengan cacar air pada manusia, tetapi gejalanya bertambah ringan. Kasus cacar monyet yang menginfeksi manusia mula-mula kali terjadi pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo.

Ilustrasi cacar monyet. (Shutterstock)

Sejak tersebut, wabah kecil penyakit berulang kali muncul di Afrika tengah dan barat, akan tetapi paling sering di daerah yang dekat hutan hujan tropis. Penyakit ini mampu menular ke manusia mencuaikan hewan liar, seperti hewan pengerat dan primate.

Selain itu, penyakit ini selalu bisa ditularkan melalui kontak antara orang ke orang. Karena itu, semua orang perlu memahamai proses transmisi cacar monyet sehingga bisa menghindarinya.

Virus cacar monyet ini bisa memasuki tubuh melalui indra peraba yang rusak, saluran pernapasan, mata, hidung dan nyinyir. Adapula beberapa cara gesit menular di antara orang-orang.

1. Kontak tidak langsung

Baca Juga: Afrika Selatan Hadapi Gelombang Ketiga Virus Corona, Kasus Baru Tembus 9. 000 Dalam Sehari

Anda bisa terkena keburukan ini dengan menyentuh barang-barang yang telah terkontaminasi, sebab digunakan pasien cacar, laksana pakaian, tempat tidur atau handuk.

2. Kontak tepat

Anda bisa tersentuh penyakit ini bila menyentuh bintik-bintik cacar monyet dengan langsung. Bahkan, Anda serupa bisa tertular bila karakter dengan ruam cacar monyet batuk atau bersin.

Penyakit ini tidak perlu diwaspadai, karena risiko penularannya cukup rendah. Cacar monyet biasanya dimulai dengan ruam di wajah, kemudian muncul bintik-bintik merah dan menyebar ke seluruh tubuh yang menyimpan cairan.

Benjolan cacar cengkok biasanya muncul disertai petunjuk seperti demam tinggi, sakit otot dan kelenjar bisul bak orang flu. Akan tetapi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan bahwa ketika epidemi terjadi, penularan dari bani adam ke manusia relatif terbatas.

Penyakit dengan disebabkan oleh monkeypox mengarah ringan dan seringkali sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan dalam beberapa minggu.