Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Air, Bisa Jamin Tekan Angka Infeksi?

Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Air, Bisa Jamin Tekan Angka Infeksi?

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Suara. com kacau Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan bahwa vaksin Covid-19 Sinovac yang telah tiba di Indonesia bersifat darurat.  

Sebanyak 1, dua juta vaksin yang telah tiba juga akan lebih dulu diberikan kepada kelompok yang paling rentan tertular virus corona, salah satunya tenaga kesehatan.

Kasubdid Tracing Satgas Covid-19 dr. Kusmedi Priharto Sp. OT. MKes., menyampaikan bahwa masih perlu jalan lain untuk melindungi masyarakat sejak paparan virus corona penyebab kecil Covid-19 selain pemberian vaksin.

“Semua bakal terjadi dengan kombinasi antara vaksin yang diberikan kemudian juga itu yang terkena (vaksin) akhirnya menjelma herd imunity atau kekebalan kawanan, ” kata Kusmedi dalam webinar Satgas Penanganan Covid-19, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga: Keampuhan Vaksin Covid-19 Sinovac Dipertanyakan, Bio Farma Angkat Cakap

Ia mengatakan, masih ada orang-orang yang tidak menerima vaksin namun harus tetap menjaga diri biar tidak tertular kuman.

Menurutnya, pemberian vaksin hanya satu diantara upaya untuk menyekat percepatan penularan Covid-19 ke asosiasi. Dan jika herd imunity atau kekebalan kelompok terjadi, maka akan terjadi secara alami.

Di sisi lain, lihai epidemiologi Dr. Masdalina Pane M. Si menyampaikan bahwa angka aib tidak menular atau PTM dalam Indonesia masih tinggi.

Penyakit PTM, kata Pane, berisiko membuat seseorang alami gejala berat saat terinfeksi Covid-19.   Dampaknya, akan tetap ada efek terjadinya lonjakan pasien Covid-19 dengan kondisi sedang hingga berat.

“Angka keburukan tidak menular kita cukup tumbuh, itu yang tidak kita inginkan. Dan cukup mengerikan kalau kita biarkan. Karena itu kita jika kasus jangan terlalu banyak karena mereka juga akan membebani panti sakit untuk penangannya, ” tutupnya.

Baca Juga: Tes Covid-19 Pakai Hp dan 4 Berita Kesehatan Memikat Lainnya