Vaksin AstraZeneca Digunakan di Nusantara, Apakah Ampuh untuk Varian B117?

vaksin-astrazeneca-digunakan-di-indonesia-apakah-ampuh-untuk-varian-b117-1

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Kementerian Kesehatan Indonesia telah mendeteksi adanya varian baru virus corona Covid-19 dari Inggris B117 di enam provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Awalnya, Kemenkes cuma menemukan dua kasus yaitu di Brebes, Jawa Sedang, dan Karawang, Jawa Barat. Kemudian, laporan baru menaikkan empat kasus lainnya.

“Ini didapatkan dibanding hasil pemeriksaan whole genome sequenzing (WGS) yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) bersama 15 laboratorium lainnya dengan juga melakukan pemeriksaan WGS, ” ujar Juru Cakap Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Senin (8/3/2021) sore.

Nadia menambahkan kalau empat kasus B117 merasai gejala ringan dan cukup menjalani pengobatan usai dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: Satgas Sumut: Anak obat Corona B117 di Kawasan Sudah Sehat

Vaksin Covid-19 AstraZeneca. [Phil Noble/Pool/AFP]

Terkait hal ini, vaksin Covid-19 dengan baru datang di Indonesia, AstraZeneca terbukti melindungi terhadap varian virus corona Inggris pada tingkat yang persis dengan perlindungan terhadap coreng keturunan virus corona yang lain.

Berdasarkan peneliti Oxford di laporan yang dirilis di awal Februari lalu, vaksin ini memiliki efektivitas 74, 6% terhadap varian B117.

Angka ini dinilai dekat mirip dengan kemanjurannya terhadap garis keturunan virus corona lainnya, lapor The New York Times .

Melalaikan tes laboratorium peneliti pula menemukan penurunan 9 kali lipat dalam tingkat denyut antibodi yang dihasilkan vaksin AstraZeneca terhadap varian B117.

Artinya, mungkin vaksin tersebut memiliki kekuatan yang lebih rendah dalam menetralkan varian, meski cukup kuat jadi pelindung.

Baca Juga: Aduh! Virus Corona B117 Masuk Medan, Siapa yang Bawa?