Turunkan Gula dan Kecilkan Pinggang, Yuk Perbanyak Konsumsi Biji-bijian Utuh

turunkan-gula-dan-kecilkan-pinggang-yuk-perbanyak-konsumsi-biji-bijian-utuh-1

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Suara.com – Biji-bijian utuh dapat membantu orang dewasa yang lebih tua mempertahankan pinggang yang lebih kecil, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan gula darah. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang terbit pada  Journal of Nutrition

Menurut penelitian, hanya tiga porsi biji-bijian utuh sehari dapat membantu Anda. Satu porsi gandum utuh  adalah sepotong roti gandum, setengah cangkir sereal gandum gulung, atau setengah cangkir beras merah.

Melansir dari US News, para peneliti mencatat bahwa penelitian mereka tidak membuktikan bahwa biji-bijian utuh bersifat protektif, hanya saja tampaknya ada hubungan antara biji-bijian dengan ukuran pinggang, tekanan darah, dan gula darah.

“Ini semua adalah faktor risiko yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung jika tidak dipertahankan pada tingkat yang sehat,” kata rekan penulis studi Nicola McKeown dari Nutritional Epidemiology Team di Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University di Boston.

Baca Juga: Sourdough Bread, Jenis Roti yang Aman untuk Penderita Diabetes

Para peneliti menggunakan data dari studi kesehatan penduduk di Framingham yang dimulai pada tahun 1948. Mereka melihat hasil kesehatan yang terkait dengan biji-bijian utuh dan olahan dalam makanan lebih dari 3.100 peserta. Data dikumpulkan setiap empat tahun selama rata-rata tindak lanjut 18 tahun. 

Ilustrasi gandum. (Shutterstock)

Studi baru ini meneliti efek makan biji-bijian utuh kurang dari setengah porsi sampai tiga atau lebih sehari. Hasilnya, orang yang makan sedikit biji-bijian utuh lingkar pinggangnya bertambah satu inci setiap empat tahun dibandingkan dengan setengah inci di antara mereka yang makan paling banyak biji-bijian.

Peserta yang makan lebih sedikit biji-bijian juga mengalami peningkatan tekanan darah dan gula darah yang lebih besar daripada mereka yang makan biji-bijian paling banyak.

Tapi peneliti menambahkan, sementara asupan biji-bijian juga dikaitkan dengan peningkatan kadar HDL darah, atau kolesterol baik, serta trigliserida, temuan itu tidak signifikan.

Baca Juga: Paparan Sinar Matahari Picu Kadar Gula Darah Naik, Kok Bisa?