Tidak Sengaja Telan Makanan di Siang Hari, Apakah Membekukan Puasa?

Jackpot hari ini Result HK 2020 – 2021.

Suara. com – Puasa Ramadhan sudah berjalan selama hampir 20 hari. Kehidupan pun sudah menyesuaikan ritme, namun sedang ada beberapa yang agak-agak perlu beradaptasi.

Salah satunya adalah ketika Anda dengan tak sengaja menelan makanan di siang hari, kala sedang berpuasa. Apakah itu tandanya puasa sudah invalid, atau boleh dilanjutkan?

Ustaz Q Nuron Habibie dari Pondok Pondok Al Ihya Bogor menjawab pertanyaan tersebut. Menurutnya masa ada makanan yang tertelan, ada empat kondisi yang memengaruhi puasa seseorang.

Jika makan di siang harinya dengan berniat dan tempat tahu akan batalnya puasa, maka puasanya batal serta dia berdosa .

Baca Juga: Serunya Berbuka Puasa dalam Restoran Berkonsep Perkemahan

Jika dirinya adalah karakter yang tidak tahu akan batalnya puasa jika dahar di siang harinya disebabkan karena dia jauh lantaran ulama, maka dirinya tidak berdosa dan puasanya tidak sah .

Jika dia makan di siang hari karena lupa bahwa dirinya sedang pertarakan, kemudian setelah itu terakhir inget kalo dia pantas puasa, maka puasanya sah , dan makanan yang dia santap adalah rizki dari Tuhan SWT.

Jika kita melihat ada orang yang akan makan di siang keadaan Ramadhan, maka kita wajib mengingatkannya bahwa dirinya tersebut sedang berpuasa dan membuang makanan yang ada pada mulutnya.

Jika orang itu makannya sebab lupa, maka silahkan lanjutkan puasanya, tapi kalo dia makan dengan sengaja, oleh sebab itu batal puasanya dan tempat telah berdosa.

Jadi telah jelas ya, menelan sasaran di siang hari mampu membatalkan puasa atau tidak, tergantung dari penyebab serta niat yang menjalankan.

Baca Juga: Puasa Tunjang Turunkan Tekanan Darah Mulia, Ini Buktinya!

Di kamar Ramadhan penuh berkah itu, mari kita ringankan barang bawaan saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan beriringan Suara. com di laman Indonesia Dermawan. Untuk tepat meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!