Tak Perlu Khawatir, 4 Tips Aman Bercinta bagi Penanggung Endometriosis

tak-perlu-khawatir-4-tips-aman-bercinta-bagi-penderita-endometriosis-1

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

Suara. com berantakan Endometriosis ialah suatu kondisi di mana jaringan endometrium yang membentuk lapisan rahim tumbuh di luar rahim, misalnya dalam saluran tubam ovarium serta kandung kemih.

Pada beberapa besar penderitanya, kondisi tersebut menyebabkan peradangan dan pembengkakan, terutama sebelum dan semasa menstruasi.

Endometriosis dapat membujuk kehidupan seks, namun tersebut tidak terjadi pada seluruh penderitanya. Ini tergantung di letak implan endometrium berkecukupan di panggul.

“Jika implan berada di saraf, ligamen, dan jaringan yang meregang saat berhubungan seks, mengalami sakitnya bisa sangat pelik, seringkali tak tertahankan, ” kata Sherry A. Ross, MD, penulis, ob-gyn, & pakar kesehatan wanita pada Santa Monica, California.

Baca Pula: 5 Mitos Bercinta Saat Hamil, Penuh Pasangan Masih Percaya

Meski begitu, ada kira-kira cara untuk mengatasinya serta penderita tetap bisa perkara seksual. Berikut beberapa trik yang dilansir dari laman Health :

Ilustrasi  bercinta. (Shutterstock)

1. Memberi terang pasangan

Ross mengucapkan ini sangat penting, sebab ada kemungkinan endometriosis memusingkan keintiman.

“Semakin banyak pasangan diberitahu tentang rasa kecil dan ketidaknyamanan yang Kamu alami, semakin mudah baginya untuk mendukung dan membantu menemukan cara alternatif buat mengatasinya, ” ujar Ross.

2. Jaga penetrasi tetap dangkal

Baca Selalu: Kiper Timnas Wanita Rusia: Bercinta Sebelum Laga, Normal untuk Pemain Putri

Beberapa penanggung endometriosis mengatakan penetrasi dengan dalam menyebabkan rasa lara. Jadi, lebih baik pertahankan posisi seks yang lebih dangkal dan mengurangi lagu pada area panggul yang mengandung jaringan endometrium.