Suhu Tubuh Bisa Deteksi Virus Corona, Berapa Tingkat Suhu yang Normal?

suhu-tubuh-bisa-deteksi-virus-corona-berapa-tingkat-suhu-yang-normal-1

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Suara.com – Suhu tubuh merupakan salah satu tanda vital untuk mendeteksi suatu penyakit, seperti infeksi virus corona Covid-19. Karena, beberapa infeksi bisa menyebabkan demam dan suhu tubuh berfluktuasi sesuai dengan usia, jenis kelamin dan lainnya.

Perlu dipahami bahwa suhu tubuh yang tinggi bisa menyebabkan dehidrasi, serangan panas dan kematian jika tak ditangani. Sedangkan, suhu tubuh yang rendah bisa menyebabkan hipotermia dan kematian jika tak diobati.

Suhu tubuh yang normal pada setiap orang pun bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, yakni usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas. Umumnya, orang dewasa memiliki suhu tubuh normal sekitar 37 derajat Celcius. Tapi, suhu dasar setiap orang berbeda.

Para peneliti di bidang ini sangat menekankan bahwa tubuh cenderung menghangat atau meningkat sepanjang hari. Jadi dilansir dari Express, suhu tubuh cenderung rendah di pagi hari dan paling tinggi di sore hari.

Baca Juga: Waspada Bercak Putih pada Lidah, Bisa Jadi Virus Corona dan Efek Vaksin Covid-19!

Tingkat aktivitas fisik dan makanan atau minum tertentu juga bisa mempengaruhi suhu tubuh setiap orang. Pada wanita, suhu tubuh seringkali dipengaruhi oleh hormon dan siklus menstruasi mereka.

Ilustrasi demam. (Shutterstock)

Metode pengukuran, seperti di mana suhu tubuh diukur juga bisa mempengaruhi hasil bacaan Anda. Hasil tingkat suhu tubuh seseorang yang diperiksa melalui mulut biasanya lebih rendah daripada yang hasil yang diperoleh dari cek telinga atau rektum.

Selain itu, pembacaan suhu tubuh dari ketiak bisa sampai 1 derajat Celcius lebih rendah dari mulut. Sedangkan, suhu tubuh normal bayi usia 0 hingga 2 tahun ada dalam kisaran 35,5 derajat Celcius hingga 37,5 derajat Celcius.

Anak-anak usia 3 hingga 10 tahun harus memiliki suhu tubuh normal 35,5 derajat Celcius hingga 37,5 derajat Celcius. Lalu, orang yang berusia 11 hingga 65 tahun harus mempertahankan suhu tubuh normal antara 35,4 derajat Celcius dan 37,6 derajat Celcius.

Orang yang berusia di atas 65 tahun ke atas harus memiliki suhu tubuh yang normal antara 35,8 derajat Celcius dan 36,9 derajat Celcius.

Baca Juga: 4 Cara Virus Corona Menyebar, Waspada!

Suhu tubuh yang sangat tinggi atau rendah dapat menjadi penyebab kekhawatiran. Pada orang dewasa sehat, suhu tubuh yang sedikit meningkat seharusnya tidak menimbulkan kekhawatiran.