Sinse: Jangan Sembarang Konsumsi Suplemen Pencegah Covid-19

Sinse: Jangan Sembarang Konsumsi Suplemen Pencegah Covid-19

–>

Suara. com – Popularitas suplemen tengah melejit. Suplemen yang sejatinya diandalkan untuk memabntu meningkatkan daya tahan tubuh, saat ini beberapa di antaranya bahkan diklaim dapat berfungsi sebagai obat penahan infeksi virus corona.

Dokter spesialis aib dalam Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam menegaskan agar masyarakat jangan mudah tertipu dengan klaim tersebut.

“Kalau diklaim mencegah corona, ya sudah jangan dipakai, karena itu tak benar. Sampai saat ini belum ada obat untuk Covid. Justru kalau ada klaim berlebihan, tersebut tidak benar, ” kata Prof Ari saat siaran langsung pada Instagram, Selasa (11/8/2020).

Prof. Ari membaca, masyarakat perlu paham bahwa mematok saat ini belum ada obat maupun herbal spesifik untuk menyembuhkan ataupun mencegah virus corona.

“Sampai era ini belum ada obat, belum ada vaksin. Kalau pun tersedia suplemen, itu tidak spesifik buat Covid-19, ” ucap Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Prof. Selaput menjelaskan bahwa suplemen yang dijual di pasaran ataupun bahan herbal tertentu, itu sebenarnya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh biar tidak mudah terinfeksi penyakit. Namun yang perlu diingat, menjaga imunitas tubuh sebaiknya tidak hanya menyandarkan dari konsumsi suplemen.

Menurutnya, mengonsumsi komplemen hanya sebagai upaya tambahan bila merasa asupan gizi dan vitamin yang didapat dari sayur dan buah kurang.

“Kalau bicara daya tahan awak, dari unsur makanan, dan kemudian istirahat. Kalau Anda minum komplemen tapi tidurnya kurang, ya maka masalah. Tidur minimal enam jam (untuk meningkatkan daya tahan tubuh), ” tutup Prof. Ari.