Piawai Ideal Untuk Hamil, Ini Introduksi Dokter!

Piawai Ideal Untuk Hamil, Ini Introduksi Dokter!

–>

Suara. com – Usia menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kejayaan perempuan untuk hamil. Tak cuma itu, usia juga bisa besar terhadap tingkat keselamatan ibu berisi dan janin. Lantas, berapa piawai ideal untuk hamil?

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan, Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG(K), mengatakan usia optimal seorang wanita untuk hamil ialah 20-35 tahun. Dan di lembah usia itu tidak dianjurkan sebab berpotensi persalinan prematur.

“Golden age kehamilan jarang 20 dan 35 (tahun), sebab secara psikologis itu adalah yang terbaik untuk segalanya, kesehatan seorang ibu serta psikis si pokok dalam mengambil keputusan. Risiko untuk kegugurannya pun kecil hanya 9-17 persen, ” ucap dr. Ali kepada awak media dalam rancangan webinar dengan tema ‘Tantangan Kehamilan Usia 20, 30, 40’ di dalam Kamis (01/10/2020).

Untuk kehamilan di piawai di bawah 20 tahun, dikelompokkan ke dalam kehamilan remaja. Piawai remaja adalah usia di mana masih terjadi pertumbuhan dan kelanjutan sebagai ibu hamil. Dampak kehamilan usia remaja akan rentan mengalami anemia, pertumbuhan janin terhambat, persalinan prematur, preeklamsia, dan angka mair bayi tinggi.

Sedangkan, kehamilan pada membentangkan usia 35-40 tahun adalah sebaiknya waspada. Hal ini dikarenakan kehamilan yang akan dihadapi wanita di dalam usia tersebut bisa meningkatkan efek mengalami keguguran.

Sedangkan bila hamil di usia lebih dari 40 tarikh, cenderung mulai memiliki banyak masalah kesehatan, seperti hipertensi, diabetes mellitus, hingga masalah jantung. Oleh karena itu, tak dianjurkan karena sering kali disertai komplikasi serius.

“Komplikasi patut diwaspadai ketika hamil pada usia 40 tahun ke atas. Situasi sel telur juga saat leler itu sudah mulai menurun & dapat menyebabkan meningkatnya kejadian janin cacat karena kelainan kromosom, seolah-olah sindrom down, kemudian keguguran, serta termasuk blighted ovum, ” mengakhiri dia.