Pergantian Virus Corona yang 10 Kala Lebih Menular Ditemukan di Malaysia!

76214-ilustrasi-virus-corona

–>

Suara. com – Virus corona jenis hangat ternyata kembali bermutasi menjadi jenis yang lebih menular. Menurut petunjuk, jenis baru dari penyebab Covid-19 ini diyakini 10 kali lebih menular dan ditemukan di Malaysia.

Mutasi ini ditemukan pada tiga sebab 45 kasus di sebuah cluster yang terjadi di restoran sesudah pemiliknya baru pulang dari India.

Pria pemilik restoran tersebut diketahui telah menyalahi karantina di rumah selama 14 hari. Atas kejadian ini tempat ditangkap dan dipenjara selama lima lima bulan dan didenda.

Jenis virus corona yang sama juga terdeteksi di kelompok lain pada karakter yang kembali dari Filipina.

Meski demikian, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengucapkan tidak ada bukti yang membuktikan bahwa jenis virus corona hangat dapat menyebabkan Covid-19 yang bertambah parah.

Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]
Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]

Hal ini disebutkan dalam sebuah studi yang terbit dalam Cell Press mengatakan pergantian memang membuat virus lebih menular, tapi tampaknya virus corona tak memperparah Covid-19 daripada varian sebelumnya.

Setia studi dari La Jolla Institute for Immunology dan Coronavirus Immunotherapy Consortium mengatakan varian baru tersebut kini lebih dominan di Eropa dan AS.

Menurut para peneliti, dilansir The Health Site , mutasi memengaruhi protein lonjakan, struktur yang digunakan virus untuk mengakar ke dalam sel manusia dengan diinfeksinya.

Sekarang mereka memeriksa apakah itu juga memengaruhi kemanjuran vaksin dengan sedang dikembangkan. Sebagian besar vaksin yang sedang dikembangkan menargetkan zat putih telur lonjakan, peneliti menggunakan jenis virus yang dahulu.