Perbanyak Konsumsi Makanan Berbasis Nabati, Bisa Cegah Gagal Jantung

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Suara. com – Sebuah studi mutakhir menunjukkan bahwa pola makan tinggi makanan nabati bisa bantu pencegahan gagal jantung. Hal ini dinyatakan pada penelitian yang disusun sebab para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston.

Melansir dari Medical Xpress, pengkajian tersebut menemukan bahwa mamah lebih banyak makanan nabati seperti berry dan sayuran berdaun hijau dapat memperlambat gagal jantung. Namun, arketipe makan ini juga kudu dibarengi dengan membatasi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan produk hewani.

Temuan ini telah diterbitkan pada British Journal of Nutrition. Gagal jantung (HF) memberi efek mudarat pada beberapa sistem organ dan dikaitkan dengan efek penurunan kognitif serta demensia yang lebih tinggi.

Ilustrasi Pola Makan. (Shutterstock)
Ilustrasi Pola Makan. (Shutterstock)

Penerapan diet, seperti diet Mediterania (MIND) dan Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) yang ditandai secara asupan tinggi makanan nabati adalah salah satu rekomendasi gaya hidup untuk pencegahan gagal jantung.

Baca Juga: Pola Makan Aib Lemak vs Tinggi Nabati, Mana yang Lebih Molek untuk Jantung?

Para-para peneliti menemukan diet MIND  yang menekankan konsumsi pokok berry dan sayuran berdaun hijau sambil membatasi asupan makanan tinggi lemak jenuh dan produk hewani, secara positif menguntungkan fungsi ventrikel kiri jantung yang bertanggung jawab untuk memompa darah beroksigen ke seluruh awak.

“Temuan kami menyoroti pentingnya kepatuhan terhadap diet MIND untuk kesehatan kardiovaskular dengan lebih baik dan bertambah lanjut mengurangi beban penyakit kardiovaskular di masyarakat, ” jelas penulis penelitian, Vanessa Xanthakis, PhD, Asisten Profesor Kedokteran dan Biostatistik pada BUSM dan Investigator untuk Studi Jantung Framingham.