Penggunaan Vitamin C Berlebihan Mampu Picu Batu Ginjal? Itu Penjelasan Dokter

konsumsi-vitamin-c-berlebihan-bisa-picu-batu-ginjal-ini-penjelasan-dokter-1

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

Suara. com – Dalam masa pandemi, vitamin C kerap menjadi andalan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Akan tetapi waspada, kebanyakan mengonsumsi vitamin C juga bisa menimbulkan batu ginjal loh.

Dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Pada RS Eka Hospital BSD Tangerang, dr. Rudy Kurniawan, Sp. PD vitamin C membuat kandungan asam dalam urin (air kencing) menjelma lebih tinggi.

“Dalam kondisi asam tak hanya di darah, bisa juga konsentrat di dalam urin. Berapa jenis batu akan mudah tersaturasi, ataupun lebih mudah mengendap, ” dr. Rudy dalam IG Live Orami, Selasa (16/3/2021).

Sehingga semakin kandungan asam sering menumpuk, maka hendak membuat batu yang tersedia di ginjal berkumpul, menempel dan menjadi besar.

Baca Selalu: Apakah Penggunaan Vitamin C Dosis Agung Miliki Manfaat Bagi Awak?

sketsa vitamin C. (Shutterstock)

“Jadi kala mengendap lama-lama akan menumpuk menjadi batu, itu dengan tidak diinginkan, ” terangnya.

Sehingga dr. Rudy menodong untuk tidak sembarangan serta berlebihan dalam mengonsumsi vitamin C.

Dosis vitamin C tinggi biasanya diberikan buat terapi pengobatan serius, serta dalam pengawasan dokter.

Namun apabila karakter dalam kondisi sehat, normal dan tidak kekurangan atau tidak mengalami defisiansi vitamin C, maka hanya butuh vitamin C sebanyak 65 hingga 90 miligram bagi hari.

Sehingga apabila menggunakan vitamin C dengan ukuran berlebih mencapai 1. 000 miligram, misalnya lewat minuman, dan dikonsumsi setiap keadaan maka bisa berbahaya buat ginjal

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Tahu Pentingnya Vitamin C untuk Wanita!

“Ketika dipergunakan dalam waktu lama, ataupun injeksi dalam dosis gede. Memang risiko gangguan buah atau batu ginjal bakal meningkat, ” tuturnya.