Nilai Infeksi Covid-19 Naik 500 Persen, Dokter Dilema Harus Pilih Penerima Oksigen

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Bagian Intensive Care Unit atau ICU di DKI Jakarta hampir penuh. Berdasarkan data dari Dinkes DKI Jakarta, jumlah bed occupation rate (BOR) untuk ruang isolasi dan ICU yang tersedia makin sedikit.

Data datang tanggal 17 Juni 2021 tercatat, dari sekitar 8000 tempat tidur isolasi dengan tersedia, sudah terisi 84 persen dan ruang ICU sudah terisi 74 upah.

“Keterisian ICU di DKI Jakarta datang 74 persen. Angka itu secara psikologis sudah betul memprihatinkan, ” kata Pemimpin Kelompok Kerja Infeksi Perkumpulan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr. Erlina Burhan, Jumat (18/6/2021).

Ia melanjutkan, andai tidak ada aksi penuh dari pemerintah, maka sistem kesehatan Indonesia bisa gawat kolaps atau jatuh.

Baca Pula: Melonjak, TPU Rorotan Jakarta Utara Terisi 400 Makam Pasien Covid-19

Dalam kesempatan dengan sama, Erlina mengatakan dengan jalan apa dirinya sudah mendapat rencana dari rekan-rekan sesama tabib tentang tenaga kesehatan dengan terpaksa menentukan dan menyeleksi pasien mana yang mampu menerima oksigen.

“Pasien (COVID-19) sangat banyak antre pada IGD kemudian pasien itu membutuhkan oksigen segera, ini akan menjadi masalah karena di IGD pun titik oksigen itu terbatas, ”

“Jika oksigen ada 9, pasien ada 20, tersebut akan jadi dilematis sekadar bagi dokter untuk membatalkan yang mana yang hendak diberi oksigen, ” sebutan Erlina dalam jumpa pers virtual, Jumat (18/6/2021).

Diketahui sebelumnya, kasus COVID-19 di Indonesia terus meningkat tajam bahkan terbang hingga 500 persen sejak Mei lalu yang mempunyai kasus harian rata-rata dua ribu kasus per hari.

Pada 17 Juni 2021 kemarin, angka penambahan peristiwa infeksi COVID-19 melonjak suruhan, dan mencapai 12. 624 kasus. Hal ini mendirikan angka kesakitan dan keterisian kamar di rumah kecil dan ruang isolasi turut meningkat, hingga mengancam bentuk kesehatan Indonesia.

Baca Juga: Sempat Terjadi Antrean di IGD RS Panembahan Senopati, Ini Kata Bagian RS