Makan Banyak Saat Sahur Bikin Kenyang Lebih Lama? Ahli Gizi: Itu Mitos!

makan-banyak-saat-sahur-bikin-kenyang-lebih-lama-ahli-gizi-itu-mitos-1

Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

Suara. com kacau Sebelum melakukan puasa, makan sahur dianjurkan sebagai bekal untuk menahan lapar dan haus selama 14 jam ke pendahuluan. Karena itulah, banyak dengan beranggapan, makan banyak masa sahur bisa membuat kita kenyang lebih lama. Benarkah begitu?

“Itu mitos kalau orang berpikir makan banyak pada saat sahur (bisa kenyang lebih lama), ” ucap ahli gizi pada RSAB Harapan Kita, Nanang Utomo, S. Gz., dikutip dari siaran Radio Kesehatan tubuh Kemenkes, Sabtu (24/4/2021).

Makan sahur dengan porsi banyak justru berpengaruh buruk bagi tubuh, tinggi Nanang. Efek sampingnya, awak akan terlalu kenyang serta perut menjadi begah. Di beberapa orang bahkan mampu menimbulkan rasa kantuk sehingga mengganggu produktivitas.

Nanang membaca, bahwa saat sahur pertama merupakan asupan nutrisi yang didapat dari makanan, tidak sekadar jumlah porsi yang disantap.

Baca Juga: Cocok untuk Jomblo, Warganet Ini Tawarkan Jasa Gratis Bangunkan Sahur

“Pada saat sahur itu dengan harus diperhitungkan adalah sumber karbohidrat yang kompleks, kemudian pilih protein yang agung, dan lemak secukupnya. Misalnya karbohidrat yang kompleks, luhur serat, seperti nasi beras merah, ” jelasnya.

Sedangkan sumber protein tinggi bisa didapat dari ikan & ayam. Selain sumber sasaran, cara pengolahannya juga harus diperhatikan. Agar lebih sehat, Nanang menyarankan jangan semua makanan diolah dengan jalan digoreng. Sementara untuk sumber lemak bisa didapat dibanding susu.

“Susu mengandung gula yang cukup, juga lemak yang rendah, ” imbuhnya.

“Jadi tak benar mengonsumsi makanan yang banyak saat sahur tersebut bisa mempertahankan kenyang lebih lama. Justru malah sebaliknya, produktivitas jadi menurun. Karakter habis sahur bukannya fit malah tidur, ” kata pendahuluan Nanang.

Baca Juga: Jangan Kelewatan, Ini 4 Tips Sederhana agar Gampang Bangun saat Sahur

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Perkataan. com di laman Nusantara Dermawan. Buat langsung meng-input jumlah derma silakan KLIK DI SINI!