Maka Perhatian WHO, Virus Corna Varian Lambda Sudah Ada di Indonesia?

jadi-perhatian-who-virus-corna-varian-lambda-sudah-ada-di-indonesia-1

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

Suara. com – Departemen Kesehatan (Kemenkes) RI membenarkan jika saat ini varian virus corona penyebab rendah Covid-19, varian Lambda belum ada di Indonesia.

Peristiwa ini dikonfirmasi langsung Penasihat Pencegahan dan Pengendalian Aib Menular Langsung Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi saat konfirmasi  suara. com, Selasa (29/6/2021).

“Belum ada ya (varian Lambda pada Indonesia), ” ujar Nadia melalui pesan singkatnya.

Nadia juga menjelaskan jika varian Lambda tidak sama sesuai varian Delta yang baru kali ditemukan di India. Varian Lambda masuk jadi kategori varian of interest (VOI) oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Baca Pula: Ivermectin Dikenal Ampuh Lawan Covid-19, Dinkes Jateng: Jangan Dibagikan Laksana Permen

Sedangkan varian Delta yang disebut lebih cepat menular dibanding varian lainnya masuk sebagai bagian varian of Concern (VOC).

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

“Dan ini varian interest ya, jadi bukan barian of concern seperti varian Delta, ” terang Nadia.

VOI sendiri adalah varian diduga atau diindikasikan sebagai mutasi virus yang mempengaruhi cara penularannya, mempengaruhi kepekaan metode tes, tingkat keparahan isyarat yang ditimbulkan, hingga daya virus menghindar dari pola kekebalan tubuh.

Jika VOI masih perkiraan atau indikasi dan harus diteliti lebih lanjut, oleh sebab itu VOC ini sudah dibuktikan dari penelitian, bahwa pergantian virus terbukti   mempengaruhi cara penularannya, kepekaan instrumen tes, tingkat keparahan petunjuk yang ditimbulkan, hingga kecakapan virus menghindar dari bentuk kekebalan tubuh.

Karena sedang masuk kategori VOI oleh WHO, maka Peru jadi negara asal tempat pertama kali varian Lambda ditemukan, pemerintah belum membatasi kanal warga negara asing (WNA) dari Peru.

Baca Juga: 51 Persen Awak Sulsel Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

“Belum (dibatasi WNA dari Peru), dan masih VOI, ” mengakhiri Nadia.