Jus Nanas Bisa Bantu Redakan Batuk darah secara Alami, Begini Cara Membuatnya!

Jus Nanas Bisa Bantu Redakan Batuk darah secara Alami, Begini Cara Membuatnya!

–>

Suara. com – Nanas merupaka salah satu buah yang memiliki banyak vitamin untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Apalagi nanas bisa digunakan sebagai obat batuk rumahan.

Jus nanas dinilai lima kali lebih efektif mengatasi batuk darah. Meskipun ada beberapa penelitian medis seputar jus nanas, tetapi masih perlu bukti lebih banyak lagi mengenai efektivitasnya sebagai obat batuk rumahan.

Sebuah penelitian dari Institut di India tahun 2010 silam dilansir dari Medical News Today , membuktikan bahwa jus nanas adalah alternatif obat batuk rumahan yang paling efektif.

Karena, nanas menyimpan bromelain, sejenis enzim yang memiliki siifat anti-inflamasi dan mengurangi rasa sakit.

Kandungan bromelain ini bisa menolong meringankan gejala asma dan urusan pernapasan lainnya, termasuk mengencerkan cairan.

Ilustrasi nanas. (Sumber: Shutterstock)

Sebenarnya, bromelain bukan kandungan yang dikhususkan untuk meredakan batuk. Tapi, sifat-sifat dalam nanas itulah yang bisa positif mengurangi gejala batuk.

Selain bromelain, nanas juga mengandung beberapa phytochemical sesuai asam coumaric, asam ferulic, asam chlorogenic dan asam ellagic. Nanas juga memiliki vitamin C, mangan, thiamin, riboflavin, pyridoxine, tembaga dan serat makanan.

Konsumsi nanas secara teratur mampu meningkatkan konsumsi phytochemical dan mikronutrien, dua hal yang bisa merayu imunologis dan membantu meningkatkan kesehatan fisik anak.

Jika Anda ingin memakai jus nanas sebagai obat batuk rumahan. Anda bisa mencampurkan jus nanas dengan madu, jahe serta garam.

Bahkan Anda bisa menambahkan cili rawit untuk membantu mengeluarkan lendir. Sedangkan, madu dan jahe mampu membantu menenangkan tenggorokan karena mempunyai sifat antiinflamasi.

Anda bisa minum 1/4 gelas minuman jus nanas ini sebanyak 3 kali sehari buat mengobati batuk secara alami. Akan tetapi, Anda tidak disarankan untuk memasukkan madu mentah dalam jus nanas ini.