Jangan Anggap Sepele, Segera Ke Tabib Jika Gigitan Serangga Seperti Itu

Jangan Anggap Sepele, Segera Ke Tabib Jika Gigitan Serangga Seperti Itu

–>

Suara. com – Bentol karena digigit insect atau nyamuk mungkin sering dianggap hal yang sepele. Tapi, ada kondisi tertentu yang sebaiknya perlu diperhatikan.

Dilansir dari Asia One, Dr. Sin Ru Phua dari Klinik Medis Internasional mengatakan, meskipun gigitan atau sengatan serangga dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, nyeri atau gatal, sebagian besar gejala dapat ditangani di rumah dan sembuh dalam beberapa jam atau hari.

Kebanyakan gigitan serangga tidak serius dan biasanya bisa diatasi tanpa masalah. Kadang-kadang, gigitan serangga dapat menyebabkan infeksi, membuat reaksi alergi yang serius dan menularkan penyakit.

Jika ada bekas sengatan, hilangkan sengatan dengan hati-hati dan cuci area tersebut dengan sabun dan air. Letakkan kompres lega di area tersebut selama 10 hingga 15 menit untuk positif mengurangi bengkak atau gatal kemerahan.

Ilustrasi perempuan menderita penyakit kulit, psoriasis. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan menderita aib kulit, psoriasis. (Shutterstock)

Antihistamin juga bermanfaat buat mengatasi reaksi alergi ringan ini. Hindari menggaruk atau memperparah gigitan untuk mengurangi risiko infeksi dan menyebabkan reaksi merugikan lebih lanjut.

Cari pertolongan medis jika gigitan tidak kunjung membaik atau memburuk sesudah beberapa hari. Waspadai gejala kaya:

  • Kemerahan dan bengkak di sekitar gigitan yang mungkin termasuk atau tidak termasuk nanah – bisul bisa menjadi indikasi infeksi, dalam mana antibiotik mungkin diperlukan untuk pengobatan.
  • Ruam yang menyebar dengan rasa gatal yang semakin parah.
  • Infeksi umum, di mana seseorang ngerasa tidak enak badan – secara demam, gejala mirip flu atau adanya kelenjar yang membengkak.

Gigitan itu mampu menjadi darurat jika muncul penuh napas, suara serak, pembengkakan berat pada lidah, mulut, mata, tenggorokan dan / atau wajah, impresi tersedak, dan / atau penuh di dada atau tenggorokan, tersuntuk, hilang kesadaran, detak jantung cepat, mual dan / atau turun.

Segera cari pertolongan medis jika sebelumnya ada reaksi alergi parah akibat gigitan atau sengatan serupa. Orang yang pernah mengalami reaksi alergi pelik sebelumnya biasanya diberi resep obat untuk digunakan dalam situasi seperti itu.