Invalid Aktif Secara Fisik dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Demensia

kurang-aktif-secara-fisik-dapat-meningkatkan-risiko-penyakit-demensia-1

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Suara. com – Berdasarkan studi yang terbit dalam British Journal of Sports Medicine, Senin (29/3/2021), orang yang tak aktif secara fisik dapat meningkatkan risiko terkena keburukan tidak menular, seperti darah tinggi dan demensia, hingga 8%.

Fisik yang tidak rajin didefinisikan sebagai tidak melalukan aktivitas fisik intensitas pantas minimal 150 menit, atau aktivitas fisik intensitas mengandung minimal 75 menit bagi minggu.

“Jika Anda tidak cukup berolahraga, kemungkinan Anda terkena hipertensi bisa meningkat 1, 6% dan demensia bisa meningkat 8, 1%, ” kata peneliti, dilansir CNN .

Ternyata, ketidakaktivan fisik juga berkaitan dengan tingkat pendapatan daerah. Semakin tinggi tingkat pendapatannya, maka semakin meningkat pula ketidakaktivan fisik orang-orang.

Baca Juga: Aktor Wawan Wanisar Idap Penyakit Herpes Pra Meninggal Dunia

“Ini dapat dikaitkan dengan penambahan fasilitas yang dapat diakses orang, ” kata Peter Katzmarzyk, direktur eksekutif perserikatan untuk ilmu kependudukan serta kesehatan masyarakat di Pennington Biomedical Research Center.

Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)

“Akses ke kendaraan pribadi meningkat, ke transportasi umum turun, dan kanal serta penggunaan perangkat naik, ” sambungnya.

Orang bertambah cenderung menggunakan kendaraan pribadi daripada berjalan atau mengendarai sepeda, menurut Fiona Bull, kepala unit aktivitas fisik di Organisasi Kesehatan Negeri (WHO), yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

Menurut Bull, pemerintah perlu berinvestasi dalam infrastruktur, seperti area berjalan kaki dan bersepeda serta kawasan terbuka publik sehingga orang dapat menikmati berada dalam luar.

Tetap aktif sungguh sangat penting dala memelihara tubuh berfungsi secara ideal.

Baca Juga: Ebola Berpotensi Jadi Penyakit Parah, Virolog: Bisa Diatasi secara Vaksin

“Sama seolah-olah mobil itu sendiri, awak Anda membutuhkan perawatan dengan mencakup putaran mesin secara teratur, ” ujar Dana Santas, pelatih mobilitas pada olahraga profesional.

Untuk meningkatkan tingkat aktivitas fisik, Santas merekomendasikan untuk aktif secara fisik selama 10 tenggat 15 menit sehari.