Infeksi Saluran Kemih Lebih Banyak Diderita Perempuan, Ini Alasannya

Infeksi Saluran Kemih Lebih Banyak Diderita Perempuan, Ini Alasannya

–>

Suara. com awut-awutan Infeksi Saluran Air seni atau disebut juga ISK sungguh bisa sangat menganggu aktivitas sehari-hari lantaran penderitanya akan merasa tak nyaman saat buang air mungil. Hal ini disebabkan tersumbatnya saluran kemih yang harusnya mengeluarkan air kemih.

Sesungguhnya ISK bisa terjadi kepada selalu, tua, muda, dewasa, anak-anak, adam, maupun perempuan. Namun, dr. Andrea Dasta Chrishbeth Sinulingga, Sp. U mengatakan ISK lebih sering menyerobot perempuan. Hal ini berhubungan dengan anatomi dan bentuk saluran urine itu sendiri.

“Yang paling sering terkena ialah perempuan, karena secara anatomi, bentukan saluran, khususnya uretra atau jalan kencing paling bawah itu kompak dan lurus. Kalau lelaki membangun lebih berbelok dan lebih panjang. Sehingga secara teknis lebih semoga terkena perempuan, ” ujar dr. Andrea dalam LIVE IG Eka Hospital, Selasa (25/5/2020).

Meski begitu, dr. Andre memastikan jika semua karakter bisa terkena ISK. Namun khusus pada perempuan, ISK biasanya berlaku karena adanya kuman yang menginfeksi saluran kencing yang berasal di sekitar lubang kencing, apalagi posisi antara lubang vagina dengan anus tempat kotoran keluar cukup depan.

“Perempuan kan lubang kencing dan kemaluan kan berdekatan, sehingga kuman dengan ada di vagina bisa menginfeksi saluran kencing. Pada anus kendati begitu. Sehingga yang paling berisiko adalah kebersihan di daerah lubang kencing, ” jelas dr. Andrea.

Siap, buat perempuan wajib memperhatikan secara seksama cara membersihkan vagina yang tepat, agar tidak ada kuman atau kuman yang tertinggal, yang bisa menyumbat saluran kemih.

“Menyiram, menyeka, mengelap, termasuk di tempat umum (toilet umum), kan itu juga jadi ajang penularan, ” jelasnya.

Dokter yang berpraktik di RS Eka Hospital itu juga menyebut kebiasaan menahan buang air kecil bisa menerbitkan ISK. Ditambah kalau Anda tetap mengalami dehidrasi atau kurang menelan air putih. “Walaupun ruangan ber-AC, tapi tidak mengonsumsi cairan, tersebut membuat kita lebih mudah menjalani infeksi saluran kencing, ” katanyanya.

Berikut beberapa gejala infeksi saluran urine yang harus Anda ketahui:

  • Anyang-anyangan
  • Keinginan buang cairan yang sering
  • Lara saat kencing
  • Pada beberapa kasus, kencingnya juga beragam lebih pekat atau kemerahan sebab bercampur darah
  • Yang sering dikeluhkan juga sakit di perut bawah, rasanya seperti berat atau seperti ada yang mengganjal
  • Yang lebih berat bisa muncul dengan meriang
  • Pada perempuan juga barangkali sering dibarengi dengan keputihan
  • Sering keputihan juga mampu memicu sering ISK, karena besar lubang tersebut sangat dekat