Ibu, Ini Tips Dokter untuk Jaga Kesehatan Mata Anak Saat Sekolah Daring

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

Suara. com – Selama pandemi Covid-19, anak-anak yang masih menjalani sekolah daring harus menatap layar gawai selama berjam-jam.

Jika sudah seperti itu, orangtua menetapkan memperhatikan jeda waktu selalu cara penggunaan gawai yang dilakukan anak agar tidak merusak kesehatan mata.

Cara paling mula yang bisa dilakukan orangtua adalah dengan mengajarkan bujang metode 20-20-20. Dokter spesialis mata dr. Yulinda I. Soemiatno, Sp. M., menjelaskan, aturan tersebut artinya mendaulat mata setiap 20 menit dengan melihat jauh sejarak 20 kaki atau 6 meter selama 20 denyut.

“Karena selama melihat jauh mata akan beristirahat dan akan mengurangi gejala-gejala dengan terjadi pada digital eye strain, ” ucapnya pada webinar Komodo Challange, Kamis (18/3/2021).

Baca Juga: Anak Terlalu Lama Tahu Layar Gawai, Waspada dua Masalah Kesehatan Mata Itu

Ia menambahkan, keluhan digital eye strain bisa berupa mata kering, ceroboh lelah, hingga pandangan menggabak sesaat. Selain itu, cahaya pada layar juga kudu disesuaikan dengan kondisi ruangan.

Jika ruangan sudah terang maka kecerahan layar dinaikkan supaya mata tidak terlalu cepat lelah, begitu pula sebaliknya.

Berikutnya, letak bersandar selama jam sekolah berlaku. Dokter Yulinda mengatakan kalau posisi duduk juga penting karena bisa menyebabkan nyeri pada bagian tubuh lain jika dilakukan dengan keliru.

“Lebih baik merupakan posisi duduk dan adang-adang di meja. Kalau misalnya menggunakan komputer, bagian untuk dari komputer sejajar secara mata. Jadi kalau tahu ke tengah-tengah layar siap mata agak ke lembah. Postur tubuh itu di dalam akhirnya bisa mengganggu dengan lainnya seperti nyeri, pegal-pegal kalau misalnya didiamkan sungguh-sungguh lama, ” ucapnya.

Ia juga mengingatkan agar tanpa membiarkan anak menatap layar gawainya sembari tidur. Karena posisi itu justru mau membuat jarak mata dengan layar akan semakin depan.

Menangkap Juga: Ingat, Asap Rokok Juga Mampu Membahayakan Kesehatan Mata

Dokter Yulinda mengatakan kalau jarak dari mata ke layar yang direkomendasikan merupakan tidak boleh kurang sebab 30 cm.