Gatot Brajamusti Punya Riwayat Diabetes, Mungkinkah Jadi Pemicu Stroke?

Gatot Brajamusti Punya Riwayat Diabetes, Mungkinkah Jadi Pemicu Stroke?

Suara. com kacau Gatot Brajamusti meninggal dunia akibat stroke di Vila Sakit Pengayoman, Jakarta Timur dalam Minggu (8/11/2020) sore. Gatot Brajamusti meninggal dunia ketika masih melakukan masa hukuman di Lapas Cipinang.

Sebelum meninggal dunia, Gatot Brajamusti selalu mmeiliki riwayat penyakit diabetes. Bersih Patia, anak Gatot Brajamusti mengucapkan ayahnya memiliki kadar gula agung dalam tubuh.

“Punya diabetes, sakitnya sudah periode, ” kata Suci Patia zaman dihubungi awak media, Minggu (8/11/2020).

Ternyata riwayat diabetes yang dimiliki Gatot Brajamusti ini termasuk salah kepala faktor penyebab stroke. Menurut America Dabetes Association dilansir dari Alodokter, orang yang menderita diabetes memiliki risiko 1, 5 kali lebih besar terserang stroke.

Baca Juga: Benarkah Virus Corona Perburuk Tinnitus? Demikian ini Kata Peneliti Inggris!

Diabetes mampu menyebabkan stroke bila gula pembawaan tidak terkontrol dengan baik. Pengaruh gula yang terlalu tinggi dalam darah bisa menyebabkan terbentuknya sumbatan dan deposit lemak di saluran darah.

Diabetes tipe 2 (Pixabay/stevepb)

Era pembuluh darah tersumbat, suplai oksigen dan darah ke otak mau terganggu sehingga terjadilah penyakit stroke.

Risiko terjadinya stroke akan semakin tinggi jika penderita sudah berusia di atas 50 tahun, memiliki kultur merokok, konsumsi minuman beralkohol, jarang olahraga, obesitas dan memiliki sejarah penyakit jantung.

Gejala stroke pada penderita diabetes

Berikut ini gejala stroke pada penderita diabetes, termasuk:

Baca Juga: Anak Zaskia Gotik Lahir Dini, Begini Panduan Menyusuinya!

1. Wajah menurun satu sisi