Feby Febiola Rutin Kemoterapi, Kenali Kebaikan dan Efek Samping Kemoterapi

Feby Febiola Rutin Kemoterapi, Kenali Kebaikan dan Efek Samping Kemoterapi

Suara. com – Perjuangan artis  Feby Febiola  melawan penyakit kanker ovarium akhirnya dinyatakan sembuh total, setelah rutin menjalani enam kala kemoterapi. Hal itu ia ungkapkan dalam unggahan terbaru di Instagram pribadinya.

“Sebuah perjalanan yang tidak gampang. Akhirnya setelah menjalani chemotherapy selama 6X hasil tumor marker aku menunjukan hasil yang luar lazim, ” demikian pernyataan Febby kaya dikutip dari Instagram pribadinya, Jumat (13/11/2020).

Febby juga memastikan bahwa sel kankernya yang dideritanya kini sudah tidak aktif lagi. Karena itu, dia begitu sangat bersyukur. Tak kurang juga dirinya berterima kasih kepada kerabatnya yang telah mendukung serta mendoakannya selama berjuang sembuh dibanding sakit  kanker.

Atas kesembuhannya itu, Febby juga memberi dukungan kepada para  pejuang kanker  yang sedang melakukan kemoterapi. Aktris 42 tahun itu mengingatkan bahwa terdapat kuasa Tuhan dalam kehidupan.

Mengaji Juga: Profil Feby Febiola Terlengkap

Sapa yang lebih berat mengalami buntut kemoterapi, lelaki atau perempuan? (Shutterstock)

“Buat kalian yang masih dalam perjalanan  chemotherapy. Tetap semangat Tuhan tidak sudah berjanji langit akan selalu cerah, tapi Dia berjanji akan selalu menyertai seumur hidup kita, ” tuturnya.

Terlepas dari itu, masih penuh juga bagi sebagian orang yang belum mengenali apa itu kemoterapi, berikut penjelasannya seperti dikutip daripada Alodokter:

Kemoterapi atau biasa disebut kemo dikenal sebagai pengobatan untuk membantai sel kanker. Kemoterapi memiliki peranan penting dalam melawan sel kanker. Meski demikian, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang tidak sedikit.

Jenis pengobatan kemoterapi tentunya bersandar pada jenis dan lokasi kanker serta apakah kanker telah menyebar ke organ lain. Pengobatan kemoterapi juga bergantung pada faktor apakah Anda memiliki masalah kesehatan tertentu. Adapun manfaat kemoterapi, diantaranya:

satu. Meringankan gejala
Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang melahirkan rasa sakit.

Baca Juga: Kemoterapi Ditunda akibat Lockdown, Wanita Ini Meninggal karena Kanker Otak

dua. Mengendalikan
Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang tumbuh ke bagian tubuh yang lain.