Catat! Protokol Kesehatan Saat Ke Tabib Gigi Selama Pandemi Covid-19

Catat! Protokol Kesehatan Saat Ke Tabib Gigi Selama Pandemi Covid-19

Suara. com – Banyak orang merasa khawatir untuk memeriksakan gigi selama pandemi Covid-19. Seperti yang kita tahu, jika virus Corona dapat menular melalui percikan cairan (droplet) dengan keluar saat penderita berbicara, batuk, atau bersin.

Begitupun saat kita berada di klinik atau kamar periksa gigi, di mana alat-alat yang digunakan oleh dokter gigi biar dapat menyemburkan droplet ke suasana. Percikan cairan ini dapat terhirup oleh pasien atau menempel pada permukaan barang.

Tak heran jika kita semua bertanya-tanya, apakah aman ke sinse gigi di tengah virus Covid-19 yang masih mewabah?

Menjawab hal itu, drg Rahma Landy, SKG mengutarakan ada beberapa hal yang sanggup lakukan saat ingin memeriksa geraham di tengah pandemi seperti ini.

Baca Juga: Pandemi Belum Reda, Dokter Gigi Belum Berani Buka Pengerjaan

“Kita mesti tahu dulu nih, kapan kita harus ke sinse gigi. Kita harus ke tabib gigi kalau terpaksa banget, di dalam keadaan emergency. Misalkan gusi berbakat, ada rasa nyeri yang tidka tertahankan, jadi kalo sudah minum obat anti nyeri, nyerinya sedang ada, atau kejadian gigi beradu lalu patah. Itu boleh ke dokter gigi yang harus kita tangani secepat mungkin, ” ungkapnya dalam diskusi secara Live bersama Femina pada Rabu (18/11/2020).

Tapi, lanjut drg Rahma, kalau hanya sekedar cek gigi rutin, periksa urusan ringan seperti gigi kemasukan sesuatu, dan lainnya, dia menyarankan biar sebaiknya kunjungan ke dokter geraham ditunda dahulu, karena bukan termasuk kategori darurat.

Lantas bagaimana kita bisa memastikan klinik, rumah sakit atau tempat praktik pribadi yang akan kita kunjungi aman? Nah beserta beberapa hal yang bisa dikerjakan, baik oleh pasien maupun dokter.

1. Membuat janji terlebih dahulu

Patuh drg. Rahma, memeriksakan diri ke dokter gigi di tengah pandemi memang terasa lebih mudah, sebab saat membuat janji, pasien mau terlebih dahulu ditanyakan mengenai keluhan yang sedang dialami.

Baca Juga: Maksud Mimpi Tumbuh Gigi Baru, Bisa Jadi Tanda Kelahiran

“Kita mampu chat dengan klinik atau RS itu sendiri sebelun kita bakal datang. Ngobrol-ngobrol aja kita sih sebutnya dengan teledentistry. Keluhannya barang apa, jadi agak kita sudah ada konsultasi sejenak, ” jelasnya.