Catat! 4 Hal yang Seharusnya Tidak Anda Lakukan di dalam Organ Intim

catat-4-hal-yang-seharusnya-tidak-anda-lakukan-pada-organ-intim-1

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Suara. com – Di dalam hal menjaga kebersihan dan kesehatan, sebenarnya vagina tidak membutuhkan banyak bantuan, pokok organ intim tersebut mampu membersihkan dirinya sendiri.

Namun seiring bertambah usia, vagina mengalami banyak, terutama setelah melahirkan dan menopause. Anda mungkin akan melihat transisi dalam bentuk maupun terasa lebih kering.

Karena kejadian tersebut, wanita mungkin tergoda untuk melakukan beberapa kejadian terkait kesehatan organ intimnya. Meski demikian, ketahui empat hal yang sebaiknya tak Anda lakukan, dilansir dari Prevention.

1. Uap vagina

Baca Juga: 6 Hal yang Terjadi pada Vagina dan Akal Jika Anda Jarang Bercinta

Sejak dulu, perawatan ini dipercaya membuat kemaluan bersih dan harum. Namun sebenarnya uap vagina bisa berbahaya. Banyak ahli mempermasalahkan praktik tersebut karena memang dapat menyebabkan iritasi dalam area organ intim. “Mengukus (uap vagina) sama sekali tidak disarankan karena bisa membakar vagina Anda, ” kata Raquel Dardik, MD, profesor klinis di bagian kebidanan dan ginekologi NYU Langone Medical Center.

ilustrasi vagina. (Shutterstock)

2. Self-medicating/mengobati sendiri

Jika vagina bermasalah, sepantasnya Anda tidak mengobatinya sendiri, terlebih menggunakan bahan-bahan herbal. “Saya telah melihat luka bakar kimiawi dari kurang saran Internet ini, & luka bakar kimiawi di dalam vagina Anda bukanlah sesuatu yang saya harapkan pada siapa pun, ” ungkap Prof. Dardik. Buat itu, berkonsultasi dengan dokter adalah jalan terbaik.

3. Memasukan benda asing

Beberapa benda semacam tampon, menstrual cup, maupun sex toy lazim dimasukkan ke dalam organ kental, sebab mereka memang dibuat khusus untuk berada dalam sana. Tapi jika Anda mencoba sesuatu yang lain, seperti mentimun, pisang, serta benda lain yang ada di dapur, sebaiknya jangan. Selain tidak steril dan bukan ditujukan untuk kemaluan, teksturnya dapat menyebabkan iritasi serius.

Baca Juga: Cerita Penyintas Vaginismus: Sulitnya Berhubungan Seksual dengan Suami

4. Mencantumkan wewangian khusus organ rapat