Bukan Sekadar Masalah Kulit, Jerawat di Bagian Ini Boleh jadi Tanda Penyakit

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Meskipun jerawat adalah salah satu kondisi kulit yang menyesatkan umum. Namun kadang-kadang jerawat bisa menjadi tanda berbagai penyakit lain.  

Melansir dari Healthshots , jerawat bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang mendasarinya. Dalam beberapa kasus, jerawat yang ada pada area tertentu dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan dengan mendasarinya, antara lain:

1. Jerawat Dahi dan Garis Bulu

Jerawat yang datang di sekitar garis rambut dan dahi bisa terpaut dengan masalah kesehatan. Jerawat di dahi terkait secara sistem pencernaan. Jerawat pada wilayah dahi dikatakan mewakili ketidakseimbangan pencernaan yang terpaut dengan pola makan yang buruk, sindrom iritasi usus, dan pencernaan yang tak tepat.

Baca Juga: Kenali 2 Jenis Aib Menurun yang Tidak Bisa Dicegah

Hal unggul yang perlu Anda kerjakan adalah banyak minum  air, makan seimbang, tidur setidaknya tujuh jam sehari, serta cobalah untuk menjaga zona dahi bebas dari gesekan.

2. Jerawat di Pipi

Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Pixabay /SharonMcCutcheon)
Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Pixabay /SharonMcCutcheon)

Jerawat dekat bagian arah pipi Anda dapat dikaitkan dengan sistem pernapasan, namun jerawat pipi yang bertambah rendah terkait dengan kejernihan gigi yang buruk & mungkin dipicu lingkungan dengan mungkin terjadi akibat bentuk hidup Anda. Kondisi itu juga siapa tahu kulit Kamu bersentuhan dengan seprai & sarung bantal kotor yang menyimpan bakteri.

3. Jerawat Zona T

Area zona T berada di kurun alis ke hidung serta dagu. Jika Anda tahu jerawat di wilayah tersebut, maka bisa dipicu oleh ketidakseimbangan gastrointestinal atau alergen makanan.

Baca Juga: Waspada, Langsung Olahraga Sesudah Bangun Tidur Bahaya Bagi Pasien Penyakit Kronis!

Hal terburuk tentang dunia ini adalah ada bertambah banyak kelenjar minyak daripada bagian wajah lainnya yang membuatnya rentan mengalami breakouts. Oleh karena itu, buatan sebum berlebih juga bisa menyebabkan jerawat.

Bahkan, jerawat pada hidung dapat dikaitkan dengan masalah hati serta ginjal yang hanya sanggup menandakan disfungsi hati.

4. Jerawat Dagu dan Leher

Fluktuasi dalam hormon Anda seringkali mampu menyebabkan jerawat di wilayah dagu dan garis dagu. Kondisi ini mengungkapkan ketidakseimbangan dalam sistem endokrin Anda.  

Jerawat hormon mengarah terjadi secara siklikal dan semakin memburuk pada periode menstruasi dan menopause sebab tingkat androgen dan estrogen yang relatif lebih tinggi.

Beberapa perempuan bahkan memperhatikan jerawat dalam sekitar wilayah leher mereka karena ketidakseimbangan hormon. Dan dalam beberapa kasus, jerawat ini  dapat menunjukkan urusan serius seperti syndrome ovarium polikistik (PCOS).

Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)

5. Jerawat Punggung, Lengan, dan Paha Jerawat

Jerawat di tumpuan, lengan, dan  paha kala disebabkan oleh fluktuasi hormon dan genetika. Terkadang, jenis pakaian yang kita gunakan juga dapat menyebabkan perangsangan pada kulit dan memanifestasikan breakout.

Mengontrol jerawat di sini bisa sangat rumit, tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk menguranginya. Kenakan pakaian yang bersih, hangat dan tidak terlalu saksama. Pastikan untuk mengurangi lagu dari membawa ransel atau mengantongi dompet yang sanggup menyebabkan gesekan yang menimbulkan jerawat.