BPOM Beri Izin Penggunaan Ivermectin pada Pasien Covid-19 Buat Uji Klinis

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

Suara. com – Institusi Pengawasan Obat dan Sasaran (Badan POM) beri kerelaan penggunaan obat ivermectin buat pasien Covid-19. Ketua Pranata POM Penny Lukito mengutarakan, obat ivermectin sejak zaman sebenarnya telah digunakan dengan luas untuk mengobati cacingan.  

“Kami sudah menyampaikan bahwa ivermectin ini obat keras yang harus secara resep dokter. Namun data-data epidemiologi dan publikasi global telah menunjukkan bahwa ivermectin bisa digunakan untuk penanggulangan Covid-19, ” kata Penny dalam konferensi pers maya, Senin (28/6/2021).  

Berdasarkan anjuran Pola Kesehatan Dunia (WHO) selalu disebutkan bahwa ivermectin mampu digunakan dalam kerangka uji klinik, lanjut Penny. Karenanya, sejalan dengan rekomendasi WHO, Badan POM juga memberizi izin pelaksanaan uji klinik ivermectin yang diinisiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan.

Ivermectin.
Ivermectin.

Uji klinik akan dilakukan di delapan rumah sakit. Yaitu, Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, Rumah Sakit Sulianti Saroso Jakarta, RS Soedarso Pontianak, RS Adam Malik Kawasan, RSAD Gatot Subroto, RS Angkatan Udara Jakarta, RS Umum Suyoto Jakarya, dan RSDC Wisma Atlet Jakarta.

Baca Juga: WHO: Lansia Butuh Booster Vaksin Covid-19 Setiap Tahun

“Disamping itu juga telah ditekankan pada data ketenangan untuk indikasi utama dengan menunjukkan adanya toleransi dengan baik sesuai dengan keyakinan fakta karena ivermectin itu bisa diberikan bersamaan dengan obat lain covid 19, ” ucap Penny.

Ia kembali mengingatkan bahwa ivermectin merupakan jenis obat keras. Masyarakat diminta tidak mengonsumsinya tanpa resep dari dokter.  

“Apabila masyarakat memerlukan obat ini, dokter dapat memberikan sesuai dengan adat yang disetujui. Masyarakat tidak diperkenankan menggunakan obat ivermectin secara bebas termasuk serupa tidak membeli melalui platform online yang ilegal, ” pungkasnya.