Bisa Ditiru, One Gate System untuk Mencegah Infeksi Covid-19 di Pesantren

Bisa Ditiru, One Gate System untuk Mencegah Infeksi Covid-19 di Pesantren

Suara. com kacau Pencegahan menjadi cara utama terhindari dari infeksi Covid-19. Di Pondok Pesantren Darunnajah, one gate system alias sistem utama pintu menjadi cara terdepan menghalau virus Corona.

Disampaikan KH Sofwan Manaf, Pimpinan Ponpes Darunnajah, hanya tersedia satu kasus virus Corona Covid-19 yang dilaporkan terjadi pada santri. Itupun kasus yang dibawa sejak luar, bukan penularan di dalam pesantren.

Menurutnya, penerapan one gate system oleh karena itu cara terbaik mengatur akses keluar masuk bukan hanya santri, tapi juga guru, pengurus asrama, hingga pengelola pesantren.

“Sebelum masuk pesantren, santri diisolasi 2 minggu di rumah dan melakukan rapid test sebelum masuk ke pesantren. Lalu isolasi lagi 2 minggu setelah dalam dalam pesantren. Ketika sudah pada dalam dan sehat ini kita upayakan untuk tidak keluar, ” tutur Sofwan, dalam siaran tepat di Channel Youtube BNPB, Jumat (16/10/2020).

Baca Serupa: Pondok Pesantren Ananda di Bandung Disegel Darah daging, Banser Turun Tangan

Penerapan one gate system memang diakui tidak semoga diterima, terutama oleh wali santri. Jika dulu orang tua bebas berkunjung, saat ini Ponpes Darunnajah menerapkan kunjungan terbatas dengan pendaftaran online.

Setiap pekan, jatah kunjungan orang tua hanya 80, jumlah yang benar sedikit bagi pesantren dengan bertambah dari 6. 000 santri tersebut.

Penerapan pembatasan kunjungan ini sempat memotong protes dari orang tua. Tidak sedikit pula pengurus pesantren yang akhirnya menjadi sasaran pelampiasan kekecewaan pengampu.

Patuh Sofwan, orang tua harus mengerti bahwa penerapan one gate system dan pembatasan kunjungan dilakukan perlu melindungi anak didik dan santri-santri lain di pesantren.

“Maka dari tersebut orang tua sebaiknya mendoakan sekadar anaknya di pesantren tetap sehat. Kan kalau mau kirim makanan masih boleh, bertemu juga bisa tapi dibatasi, jarak 2 meter, dan tidak boleh pelukan, ” ungkapnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 dalam Lebak Meningkat, Pondok Pesantren Diminta Waspada

Prof Wiku Adisasmito, Tukang Bicara Satgas Covid-19, menyebut implementasi one gate system oleh Ponpes Darunnajah layak ditiru oleh pondok dan lembaga pendidikan lainnya.