Bawa Pengembangan Vaksin Merah Putih, Eijkman Dapat Bantuan Swasta

Bawa Pengembangan Vaksin Merah Putih, Eijkman Dapat Bantuan Swasta

–>

Suara. com porakporanda Vaksin Merah Suci untuk Covid-19 yang tengah dikembangkan lembaga Biologi Molekuler Eijkman hampir rampung separuhnya.  

Kepala Lembaga Eijkman Prof. Amin Soebandrio, MD, PhD mengatakan, penelitian vaksin Merah Putih sudah sampai pada tahap pengerjaan sub unit protein sebagai maklumat yang terpilih.  

“Saat ini perkembangannya vaksin Merah Putih kalau dilihat presentasenya mungkin sekitar 50 persen. Saat ini kami tinggal menunggu zat putih telur yang akan diekskresikan oleh sel mamalia. Paralel kami juga hendak menggunakan sel mamalia mana dengan lebih efektif, ” jelas prof Amin dalam webinar media gathering, Kamis (3/8/2020).

Setelah proses ekskresi jadi, penelitian akan berlanjut pada uji coba pada hewan. Amin berniat uji klinis itu bisa dimulai dalam waktu dua atau 3 bulan ke depan.  

Diakuinya, Institusi Eijkman diharapkan bisa melakukan cara penelitian dengan cepat. Dijadwalkan bisa selesai dalam waktu 12 kamar atau sekitar Febuari hingga Maret 2021 vaksin bisa diberikan ke industri.  

“Kami berupaya bisa lekas. Artinya apabila ada prosedur barang apa pun yang bisa diperpendek akan kami lakukan termasuk penggunaan bervariasi peralatan lab yang memungkinkan kita bekerja bisa lebih cepat, ” ujarnya.

Namun kata Profesor Amin, percepatan pembuatan vaksin Covid-19 perlu didukung dengan teknologi yang memadai. Dia pun mengapresiasi karena lembaganya mendapat dukungan donasi dari perusahaan ilmu dan teknologi Merck Indonesia bersifat peralatan dan material riset senilai Rp 1, 2 Miliar.  

Sales Manager Merck Life Science Ilma Equilibrina menyampaikan alat yang didonasikan bersifat reagents dan consumable untuk membuat Viral Transport Medium (VTM), media dalam tabung untuk penyimpanan sampel dari uji swab pasien.  

“VTM berfungsi menjaga kualitas sampel dengan mengandung virus dari tempat pengambilan uji swab ke laboratorium, ” jelasnya.

Selain itu juga RiOs Essential Water Purification System yang ialah purifikasi air ideal untuk laboratorium yang membutuhkan produksi konstan tirta murni tipe 3 kualitas luhur.   Ada juga alat Magpix yang terdiri dari Luminex serta MILLIPLEX MAP atau sarana pembantu riset imunologi untuk mempelajari dinamika Covid-19 dalam sampel pasien.