Apa Itu Endemik?

apa-itu-endemik-1

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

Suara. com porakporanda Virus Corona disebut oleh WHO berpotensi menjadi endemik di suatu wilayah. Apa itu endemik? Anda tidak perlu panik menghadapi kabar terbaru itu. Silahkan pahami apa tersebut endemik melalui uraian sedikit berikut ini.

Endemik dijabarkan berdasarkan karakteristik populasi, lingkungan, atau wilayah tertentu. Mengikuti penyakit endemik termasuk cacar air yang terjadi pada tingkat yang dapat berlaku diantara anak-anak sekolah di Amerika Serikat dan malaria di beberapa wilayah Afrika. Penyakit ini dapat menyembul diantara masyarakat setiap masa tetapi dalam frekuensi dengan relatif rendah.

Sebaliknya, ada istilah terkait “epidemi” dan “pandemi”. Epidemi adalah wabah parah yang tiba-tiba terjadi di suatu wilayah masyarakat seperti AIDS di Afrika atau AIDS pada pengguna narkoba suntikan.

Sementara itu, pandemi terjadi ketika epidemi menjadi benar luas dan memengaruhi semesta wilayah, benua, atau seluruh dunia.

Baca Juga: Wamen LHK Sebut Rajin Nasional RAW Miliki Fauna Endemik Unik dan Istimewa

Pengertian Endemik Berdasarkan Suku Kata

Sementara itu, kata “endemik” berasal dari bahasa Yunani ” en -“, “dalam” + ” demos “, “orang atau populasi” = ” endemos ” = “dalam populasi. ” Endemik ada dalam masyarakat. Sebaliknya, ” epi -” berguna “di atas”. Epidemi menyerobot orang-orang. Dan ” pan -” bermakna “semua”. Itu berarti, Pandemi ialah penyakit yang bisa menyerang semua orang.

Keburukan endemik adalah penyakit dengan selalu ada pada warga atau wilayah tertentu. Lengah satu penyakit endemik yang paling banyak dibicarakan ialah malaria.

Lembaga kesehatan berwenang di Amerika memperkirakan bahwa sekitar setengah populasi dunia tinggal di daerah di mana itu berisiko terinfeksi Malaria. Aib ini sudah ditetapkan sebagai endemik di sebagian gembung Afrika serta beberapa provinsi Amerika Selatan.

Endemik Berbeda dari Epidemi

Baca Juga: Pasal, Gejala dan Cara Memulihkan Cutaneous Larva Migrans

Penyakit endemik sering disalahartikan sebagai epidemi. Akan tetapi, epidemi mengacu pada berjangkitnya suatu penyakit. Epidemi berlaku ketika suatu penyakit merebak melalui satu atau lebih populasi.