5 Tips Menidurkan Anak Tanpa Tantrum: Terapkan Rutinitas Hingga Putar Musik

5-tips-menidurkan-anak-tanpa-tantrum-terapkan-rutinitas-hingga-putar-musik-1

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Suara.com – Menidurkan anak menjadi agenda setiap malam yang harus dilakukan orangtua. Sebab, tidak semua anak bisa tidur dengan gampang, beberapa bahkan sampai tantrum karena tidak mau tidur.

Hal ini bisa merugikan anak dan orangtua. Anak menjadi kurang tidur yang berujung waktu istirahat terbatas, dan bisa mengganggu tumbuh kembangnya.

Di sisi lain, orangtua juga bisa menjadi letih, lelah, yang berujung emosi.

Bagi Anda yang kesulitan mengajak anak tidur setiap malam, bisa mengikuti tips menidurkan anak tanpa tantrum, seperti dikutip dari Times of India.

Baca Juga: Awas, Kurang Tidur Usai Melahirkan Mempercepat Penuaan Biologis Perempuan

1. Beri pilihan

Cobalah untuk membuat si kecil merasa bahwa mereka dapat mengendalikan situasi. Caranya adalah dengan memberi mereka pilihan yang dapat Anda terima.

Tips menidurkan anak. (Shutterstock)

Anda dapat memberi mereka pilihan tentang buku mana yang ingin mereka baca, mainan apa yang ingin dimainkan sebelum tidur atau jika mereka ingin pergi menyikat gigi terlebih dahulu kemudian membaca buku atau membaca buku terlebih dahulu lalu menyikat gigi.

Pada intinya carilah alternatif yang membuat Anda dan si kecil bahagia.

2. Terapkan rutinitas

Baca Juga: Tes Kepribadian Kamar Tidur: Cari Tahu Peluang Kekayaan Anda di Masa Depan

Cobalah membiasakan si kecil dengan pola rutinitas karena hal ini dapat membuat segalanya jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan.