5 Makanan yang Ampuh Mempercepat Rehabilitasi Luka

5 Makanan yang Ampuh Mempercepat Rehabilitasi Luka

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Menyembuhkan luka tak hanya dengan obat atau perawatan. Namun, juga bisa dengan cara lain yakni menyantap makanan. Apa saja makanan yang ampuh mempercepat penyembuhan luka? Simak ulasannya berikut.

Perlu diketahui bahwa ada 4 fase pemulihan luka yakni hemostasis, inflamasi, proliferasi, dan remodeling. Hemostasis adalah ketika pembuluh darah pada area yang terluka menyempit untuk mengurangi pendarahan dengan cara penumpukan sel darah merah.

Inflamasi yakni ketika organ darah putih bertugas membersihkan wilayah tubuh yang terluka dari kotoran dan kuman yang mencoba merembes melalui luka. Proliferasi merupakan pembentukan jaringan kolagen dan pembuluh darah. Terakhir, remodeling yakni pematangan jaringan baru.

Agar proses pemulihan tersebut berjalan sempurna, maka perlu mengonsumsi sasaran tinggi protein, vitamin C, vitamin A, vitamin K, vitamin E, kalsium, zat besi, glutamine, & seng. Berikut ini makanan untuk menyembuhkan luka.

Menangkap Juga: Ketahui 4 Penyebab Borok di Kulit

1. Jeruk

Jeruk masuk di daftar makanan yang dapat memulihkan luka dengan cepat. Kandungan vitamin C dalam jeruk membantu pendirian kolagen, meningkatkan imun, sekaligus antioksidan. Selain jeruk, beberapa buah lainnya yang kaya akan vitamin C adalah ketang, stroberi, dan tomat.

2. Daging dan Telur

Daging & telur mengandung protein yang luhur. Selain itu, kandungan kolagen pada dalam kedua makanan ini juga berperan penting dalam penyembuhan luka dan memperbaiki jaringan yang hancur. Tak hanya itu, daging & telur juga mengandung zat tukul, seng, serta glutamin yang berlaku menghentikan luka.

3. Wortel

Baca Juga: Tanpa Olahraga, Jus Jeruk Bali Bisa Bantu Hilangkah Gemuk Perut

Kandungan beta karoten dalam wortel dan sayuran berwarna cerah lainnya merupakan sumber vitamin A yang baik untuk membentuk jaringan baru. Sayuran seperti brokoli, bayam, dan paprika juga ampuh untuk menyembuhkan luka. Sehingga baik dikonsumsi sehari-hari.